Kota Si Toko Beras

Perjalanan singkat kali ini membawaku berkunjung ke salah satu daerah yang beberapa tahun belakangan ada didalam berita  karena erupsinya salah satu gunung Sinabung yang tak berkesudahan. Ya, Berastagi. Salah satu kota di  Kabupaten Karo ini terkenal dengan daerah yang sejuk (atau dingin?). Berada di dataran tinggi Karo yang memiliki ketinggian kurang lebih 1300 meter di atas permukaan laut membuat daerah ini dianugerahi tanah yang subur untuk menghasilkan berbagai macam tanaman buah, sayur dan bunga. Dari Berastagi lah pasokan sayur mayur dan buah disebagian Sumatra Utara dipenuhi bahkan sampai keluar Sumatra Utara. Namun semenjak terjadinya bencana alam erupsi gunung Sinabung, beberapa petani kehilangan lahannya untuk bercocok tanam, sehingga Berastagi tidak secara maksimal memberikan pasokan buah dan sayur. Berastagi terkenal dengan komoditi utamanya, yaitu jeruk dan buah markisa yang cocok juga dibawa sebagai buah tangan. Banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan di Kota Berastagi.

Jarak kota Berastagi dari kota Medan kurang lebih sekitar 70 km, dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Sepanjang perjalanan banyak pemandangan menarik di sisi kanan kiri jalan. Mulai dari hutan, sungai sampai penjual kelelawar yang menjajakan buruannya disepanjang jalan yang konon katanya itu kelelawar dijual untuk dibuat masakan. Mau coba?

10808485_1498618413746996_482719257_nKota Berastagi

Tidak banyak yang aku lakukan di Berastagi karena perjalan masih berlanjut ke Tongging untuk menyapa gagahnya air terjun Sipisopiso dan danau Toba. Namun jangan sampai kita melewatkan beberapa destinasi menarik di Berastagi. Salah satunya adalah Taman Alam Lumbini yang merupakan replika versi kecilnya pagoda terbesar di Myanmar, Shwedagon Pagoda. Masuk kedalam objek wisata ini tidak dipungut biaya, mengisi buku tamu dan dicek barang bawaan kita. Tidak boleh membawa rokok dan korek api kedalam area pagoda. Dari depan kita sudah bisa melihat indahnya bangunan berwarna emas ini. Jangan lupa selfie! Bagi pengunjung yang beragama Budha juga diperbolehkan untuk bersembahyang didalam, untuk yang tidak ada kepentingan untuk berdoa kita tidak bisa masuk kedalam pagodanya. Jadi hanya foto-foto di bagian depan saja. Tapi itu sudah cukup menurutku. Oh ya sebelum masuk ke objek wisata ini kita juga disuguhi dengan kebun stroberi yang pada saat panen menjadi wisata agro, pengunjung dapat merasakan sensasi memetik buah stroberi langsung dari kebun dan menikmati segarnya buah hasil memetik sendiri.

IMG_2977Taman Alam Lumbini

Setelah itu dilanjutkan dengan berkunjung ke kaki gunung Sinabung, namun karena kondisi yang belum stabil aku hanya bisa mengambil foto dari jauh gunung Sinabung yang tampaknya belum lama erupsi itu. Tampak gugusan asap yang membubung tinggi disisi guguran kawahnya. Semoga erupsi gunung Sinabung segera berhenti dan para pengungsi bisa kembali ke rmuah masing-masing serta beraktifitas seperti sedia kala.

10817981_1655539318006432_1350018_nGunung Sinabung Dari Kejauhan

Jangan lupa berkunjung kesalah satu gereja yang berada sebelum memasuki kota Berastagi. Gereja ini dibangun dengan arsitektur rumah adat khas tanah karo, luar biasa indahnya. Dan di samping bangunan gereja ini terdapat dua rumah tradisional karo yang tak luput menjadi objek fotoku.

10808792_300032663526130_830155443_nRumah Gugung, Rumah Tradisional Karo

IMG_2989Perkebunan Salah Satu Warga

Jika masih banyak waktu silahkan menyambangi gunung Sibayak dan berbelanja buah di pasar buah Berastagi yang buahnya masih segar dari kebun serta harga yang lebih miring, jangan lupa untuk menawar harganya ya.


2 thoughts on “Kota Si Toko Beras

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s