Mabuhay El Nido!

Ini adalah penerbangan tengah malamku yang pertama. Saat itu sempat ada sedikit masalah dengan operasional bandara yang mengakibatkan para penumpang harus eberapa kal ganti gate boarding. Namun akhirnya pesawat dapat terbang tepat waktu. Sebelum jam 1.30 dini hari pesawatku terbang dari Soekarno Hatta International Airport menuju Manila. Dan aku memutuskan tidur selama perjalanan sampai akhirnya terbangun dengan pemandangan matahari terbit yang begitu indah dari langit Filipina. Beruntung mendapatkan tempat duduk di sebelah jendela pesawat low cost milik Filipina ini, karena selain sambutan hangat dari matahari terbit tapi juga dengan hijaunya pulau-pulau Filipina yang masih banyak terdapat pepohonan yang membaur menjadi satu menciptakan hutan yang begitu eloknya. Melihatnya saja sudah bisa merasakan banyak oksigen yang masuk kedalam paru-paru.
Penerbanganku kali ini adalah penerbangan lanjutan ke sebuah pulau di sisi selatan kepulauan Filipina. Yupz! Pulau Palawan yang sudah sangat terkenal dengan salah satu keajaiban dunia alamnya, yaitu sungai bawah tanahnya. Tapi aku ke Palawan tidak untuk menuju ke sana. Perjalanan kali ini mengajakku melangkahkan kaki ke sebuah kota kecil di sisi utara Pulau Palawan bernama El Nido.
Jam 6.30 pagi waktu setempat pesawatku sudah mendarat dengan sempurna, sedangkan aku akan melanjutkan lagi perjalanan dengan menggunakan pesawat jam 11 siang ke Puerto Princesa dan akan menuju ke El Nido hari berikutnya menggunakan bus.

20140605_130523Air Asia Zest dari MNL ke PPS

Perjalanan dari Puerto Princesa ke El Nido membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Dalam perjalanan menuju ke El Nido tidak akan terasa panjang dan lama karena dalam perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Tidak banyak berbeda dengan Indonesia memang, memngingat karakteristik negara kepulauan yang sama diantara keduanya. Tapi kejutan-kejutan pemandangan membuat perjalanan ini tidak membosankan. Disebelah kiri dengan gunung menghijau, kadang-kadang berganti menjadi hamparan sawah, kebun-kebun, serta danau. Disebelah kanan tergores garis pantai yang sangat indah dengan pohon-pohon kelapa yang daunnya bergoyang ditiup angin pantai. Perpaduan yang sangat cantik. Dan tak terasa akhirnya sampai juga di El Nido dengan sambutan pelangi sore yang cantik di langit kota kecil yang sederhana El Nido.

20140606_090738 20140606_173323
Hanya memiliki waktu sehari saja di El Nido sebelum lusa kembali lagi ke Puerto Princesa untuk menikmati kotanya. Maka diputuskan selama seharian penuh akan mengikuti tour island hopping di sekitar kepulauan El Nido. Kali ini aku mengambil paket tur yang direkomendasikan, tur C yang akan mengunjungi 5 tempat-tempat menarik, yaitu
1. Helicopter Island

20140607_094943
2. Secret Beach

DSCF7740
3. Matinloc Shrine

20140607_132659 20140607_133925
4. Star Beach

DSCF7753
5. Hidden Beach

DSCF7798 DSCF7808


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s