Lost in China. Tomb of Hai Rui

Taraaa.. Akhirnya sampai juga ke salah satu destinasi wisata di Haikou ini. Awalnya datang ke sini sebagai sebuah formalitas saja karena tidak tau sebenarnya ini tempat apa? Dan siapa itu Hai Rui? Dan tentunya tidak memiliki ekspektasi lebih tentang tempat yang satu ini. Jadi apapun bentuknya bakal aku nikmatin dan yang penting adalah foto-foto sebagai bukti bahwa aku pernah sampai di sini dengan susah payah perjuangannya. Hahaha

20140620_140225Gerbang Memasuki Komplek Tomb of Hai Rui

Pertama kali masuk agak sedikit gimana gitu, karena bagian tembok luarnya sudah runtuh entah karena apa. Aku menduga itulah harusnya pintu utama masuk kedalam komplek bangunan. Tapi karena runtuh dan ditutup oleh papan, maka untuk memasuki komplek bangunan harus lewat samping melewati reruntuhan tembok yang sengaja di buat jalan. Aku pun berjalan menuju sebuah bangunan kecil yang terlihat seperti konter tiket, saat sampai didepannya aku disambut dengan petugas yang sedang nyenyak tertidur. Aku sedikit mengetuk kaca depan untuk membangunkannya. Dan tidak berapa lama sang petugas itu terbangun dan agak sedikit kaget. Sekali lagi aku disuguhi dengan bahasa China yang tidak aku pahami. Welcome to the jungle! Tapi dia mungkin sudah paham, dia mengeluarkan tumpukan tiket masuk. Aku pun bertanya, “how much?” Dan dijawab dengan bahasa China lagi. Karena dikertas tidak ada tulisan untuk menanyakan “berapa?”, maka aku aku langsung mengeluarkan uang 20 CNY dan mengulurkannya ke petugas tersebut. Kemudian sang petugas mengambil uang tersebut sembari memberikan tiket masuk dan uang kembalian dan tidak lupa aku mengucapkan xie xie. Masuk ke Tomb of Hai Rui ini cukup membayar 5 CNY saja.

20140620_131859Tomb of Hai Rui

20140620_134248Detail Lukisan di Salah Satu Lorong

20140620_134414Sajak-Sajak Kuno China

Setelah selesai dengan tiket masuk tanpa pikir panjang aku mulai mengeksplore komplek bangunan ini. Ternyata dari apa yang aku baca ini merupakan sebuah makam dari Hai Rui, seorang pejabat negara dimasa dinasti Ming. Kenapa sampai ada sebuah makam yang bisa menjadi destinasi wisata kalau bukan karena ada sejarah yang mengikutinya. Ya, memang benar, dahulu kala setiap pejabat negara di China sudah terkenal dengan harta yang bergelimpangan dan berkecukupan hidupnya. Api tidak dengan Hai rui, dia malah hidup susah karena membela rakyatnya. Dan yang paling unik adalah ketika Hai Rui wafat dan seperti tradisi orang tionghoa maka dipeti matinya akan disertakan juga barang-barang yang paling berharga, namun tidak dengan peti mati Hai Rui. Di dalam peti mati Hai Rui hanya terdapat beberapa lembar pakaian saja. Mengetahui hal itu banyak warga yang berempati dan bersimpati terhadap Hai Rui dan berbondong-bondong ikut memakamkan mayatnya. Ketika ditengah perjalanan menuju ke pemakaman, tiba-tiba tali pengikat peti Hai Rui putus di sebuah tempat. Semua warga yang ikut mengantar terkejut, namun mereka meyakini bahwa sebenarnya Hai Rui ingin dimakamkan di tempat tersebut. Sehingga akhirnya mayat Hai Rui dimakamkan di tempat tersebut dimana sekarang berdiri komplek bangunan Tomb of Hai Rui.

20140620_135639


Leave a Reply

