Lost in China. Bao’An International Airport, Shenzhen.

Ini adalah pengalaman pertamaku jalan sendiri ke sebuah negara yang bahasanya aku tidak paham apalagi dengan tulisannya yang mapah membuatku bingung. Ya! China. Negeri yang akrab dengan sebutan negeri tirai bambu dan negeri dimana hewan lucu nan menggemaskan berada, Panda.

Tujuan utama ke China adalah pulau mungil di sebelah selatan wilayah China yang berdekatan dengan Vietnam. Ya, Pulau Hainan. Pertama kali mendengar Pulau Hainan terbesit dipikiran saat itu adalah nasi goreng hainan atau nasi ayam hainan yang menjadi salah satu makanan favoritku. Dan tidak punya ekspektasi lebih dengan pulau yang katanya merupakan pulau terbesar kedua di China setelah pulau Taiwan. Dan sampai hari H berangkat ke Pulau Hainan aku masih belum tahu apa yang akan aku lakukan disana. Jadi, aku putuskan menikmati sebuah perjalanan tanpa persiapan di negeri dengan bahasa dan tulisan yang tidak aku pahami. Apa hasilnya? Hmmmm

20140619_202659Papan Informasi Pergantian Moda Transportasi Menuju Bandara

20140619_204214Gate Buat Penerbangan Besok Pagi

Menggunakan penerbangan pagi jam 7 waktu setempat memaksaku untuk tidur di bandara terlebih dahulu. Kali ini berkesempatan untuk mencicipi bangku panjang di Bao An International Airport, Shenzhen. Mencari spot tidur itu ada ilmunya, mulai dari bentuk kursinya, letaknya, sampai dengan posisi startegis antara toilet, colokan listrik, tempat makan dll. Hahaa pokoknya seru. Hampir sejam aku berkeliling di bandara yang super mewah dan besar ini hanya unuk mencari spot nyaman unuk tidur.

20140624_102902Tempat Tidur Malam Ini

20140620_055538Salah Satu Sudut Bandara

Setelah berkeliling tampaknya perut mulai memberontak, mengingat siangnya belum makan berat. Akhirnya memutuskan untuk pergi ke sebuah minimarket yang biasa menyediakan naso kotak instan yang tinggal dihangatkan saja.  Kesulitan pertamaku dimulai di bandara yang mengadopsi bentuk ikan pari ini, saat hendak membeli makan di salah satu minimarket itu, aku kebingungan dengan menu nasi instan yang semuanya menggunakan tulisan China dan sama sekali tidak ada tulisan latinnya. Sempat bingung harus memilih mana yang terbuat dari ayam, daging sapi, kerbau, atau babi. Tanpa pikir panjang akhrinya aku langsung memilih yang kiranya memang bisa aku makan (aku lihat gambar depan kemasannya)dan aku akan tanyakan ke penjaga kasirnya. Akupun berjalan menuju ke kasir sambil mempersiapkan kata-kata. Pikirku masa iya di bandara internasional seperti ini penjaganya tidak bisa berbahasa inggris? Dan mulailah aku bertanya ke penjaga kasir “this is chicken?” Wajah sang kasir sudah mulai berubah dan mulai mengeluarkan bahasa-bahasa yang membuat keningku berkerut. Mampus! Ternyata perkiraanku melesat. Welcome to the jungle! Sempat terucap dalam hati “kamu ini ngomong apa sih mba?” Dan aku gak mau kalah sama mba si penjaga kasir, aku ucapkan terus kata chicken? Chicken? Sambil nunjuk ke arah kotak nasi yang aku bawa. Dan sekali lagi hanya senyuman merekah bingung yang aku dapat. Tidak kehabisan akal langsung aku keluarkan jurus seribu bahasa tubuh yang aku miliki. Dan aku ulang lagi dengan kata chicken sambil posisi kedua tangan memperagakan kepakan sayap ayam. Oh my god! Apa yang sedang aku lakukan. Pikirku sambil terus berusaha membuat si penjaga kasir mengerti. Sebido amat deh dari pada tidak makan, untung juga sepi pada saat itu. Sambil penuh semangatnya aku terus mengepakan kedua tangan semirip mungkin dengan kepakan sayap ayam sambil bilang chicken berulang kali. Dan setelah sekian lama perjuangan mengepakkan tangan ala ayam jago, akhirnya mba nya ngerti juga. Dan dengan ketawa yang puas dan sambil ngoceh dengan bahasa yang dia pahami sendiri. Mungkin dia pikir, ini makhluk dari mana ya belagak pake kayak ayam segala? Hahahhaa yaa sudahlah, intinya aku bisa makan juga akhirnya. Hahha setelah perbincangan ala orang planet ini selesai, si penjaga kasir ini dengan baik hati membukakan bungkusan nasi instan itu dan menghangatkannya. Ahh selamat datang di planet bernama China.


Leave a Reply

