Benteng Vastenburg, Surakarta

Tidak akan pernah tahu dengan benteng saksi sejarah yang satu ini kalau tidak sedang mengantar teman berkunjung ke kota berjuluk Spirit of Java ini, ya Kota Surakarta atau yang sering di sebut dengan Kota Solo. Sebenernya sudah lama tahu tentang salah satu benteng peninggalan penjajahan Belanda ini tapi tidak terbayang dengan letaknya yang ternyata di pusat kota. Tepat berada di depan kantor Bank Indonesia Surakarta dan tentunya benteng ini mengahadap langsung ke keraton Kasunanan Surakarta.

Melihat posisi strategis benteng ini mengingatkan pada salah satu benteng yang juga memiliki posisi seperti ini. Ya, benteng Vredeburg di Yogyakarta yang juga menghadap ke keraton Kesultanan Yogyakarta. Jadi sudah dapat dipastikan kegunaan benteng Vastenburg juga tidak jauh berbeda dengan benteng di Yogyakarta itu, yaitu sebagai pos pengawasan  penjajah Belanda terhadap kegiatan sang raja serta gerak gerik keraton pada jaman itu.

Saat pertama kali mencari referensi benteng Vastenburg beberapa tahun lalu ada sedikit rasa kecewa dihati. Kenapa? Karena benteng ini tidak terawat dan kotor, banyak bagian bangunannya yang terlihat hancur dan sebagian lapisan dindingnya mengelupas dimana-mana serta banyak ditumbuhi tanaman-tanaman merambat dan rerumputan, sangat tidak menampilkan bangunan yang disebut benteng yang seharusnya terlihat kokoh. Tidak seperti benteng Vredeburg yang terlihat bersih dan terawat. Sangat disayangkan.

IMG_7588Benteng Vastenburg Bagian DepanIMG_7587Bagian Dinding Benteng yang Ditumbuhi Rumput

Setelah ada kesempatan menemani teman untuk berkunjung ke Surakarta dan melihat secara langsung benteng Vastenburg dan tentunya dengan tidak banyak membawa sebuah ekspektasi besar tentang benteng ini. Pertama kali melihat benteng ini sebenarnya sangat bagus dengan dua pintu utama yang besar khas dari sebuah benteng. Benteng membenbtuk sebuah persegi dan di ujung-ujungnya terdapat bangunan yang sedikit menonjol atau yang sering disebut dengan seleka.  Di sekeliling benteng terdapat parit dan jembatan kecil berada dikedua sisi pintu utamanya. Benteng ini masih tertutup, jadi saat itu kita tidak bisa masuk kebagian tengah benteng. Dari bagian pintu utama yang dipasangi dengan besi-besi berjeruji kita bisa melihat  bagian dalam benteng ini masih terlihat kotor dengan sampah bertebaran dimana-mana.

IMG_7586

Sepertinya  pemerintah kota sudah mulai peduli dengan benteng ini, terlihat bangunan gerbang utamanya sudah mulai dipugar sehingga mulai terlihat bentuk asli bentengnya. Semoga pemerintah kota serius untuk memugar benteng yang sangat bersejarah ini sehingga dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Kota Surakarta. Semoga.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s