Pinisi, The Great Ship from Tanah Beru

Suku Bugis di Sulawesi sudah terkenal sebagai pengarung samudra yang tangguh dan sebagai salah satu pembuat kapal yang handal. Salah satu kapal yang terkenal adalah kapal Pinisi. Siapa yang tak kenal dengan kapal yang satu ini, pengarung samudra yang sudah melanglang buana ke berbagai belahan dunia. Kapal kebanggaan bangsa Indonesia.

Sudah sejak lama kapal Pinisi digunakan oleh Suku Bugis untuk mengarungi lautan luas, singgah dari satu pulau ke pulau lainnya. Bahkan kapal ini terdapat di salah satu relief di dinding candi Borobudur.

kapal-pinisi

 

Sumber: http://indonesiaexplorer.net/wp-content/uploads/2013/08/kapal-pinisi.jpg

Salah satu sentra pembuatan kapal yang terkenal adalah di sebuah desa di tepi pantai di kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Disini dapat melihat secara langsung cara pembuatan kapal-kapal kebanggaan suku Bugis maupun kapal-kapal modern. Sangat mengagumkan dapat melihat pembuatan kapal yang megah ini secara dekat. Kapal dibuat dengan cara gotong royong secara bersama-sama, disusun dari lembaran-lembaran lempengan kayu sambung menyambung menjadi kesatuan sebuah kapal yang kokoh. Dengan mengandalkan peralatan yang ada dan di buat dibawah rumah-rumah peneduh yang dibuat dari balok-balok kayu serta tumpukan daun-daun kelapa kering sebagai atapnya. Dengan latar belakang lautan Tanah Beru yang cantik kapal ini siap mengarungi lautan Indonesia.

Untuk menuju ke daerah ini dapat ditempuh kurang lebih 3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi dari kota Makassar ke arah Tanjung Bira.

IMG_3728 IMG_3732 IMG_3725 IMG_3719Suasana Pembuatan Kapal di Bulukumba

IMG_3726Laut Tanah Beru yang Melatarbelakangi Pembuatan Kapal


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s