South Sulawesi Nyam Nyam Byam

Aha! kalau sudah pergi kesebuah tempat yang baru pasti yang dicari salah satunya adalah kulinernya. Nah waktu kemarin punya kesempatan mengunjungi propinsi di salah satu kaki pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Makassar dan Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Tidak pakai pikir panjang deh langsung cari-cari makanan yang udah jadi slogan “Belum dikata ke kesini kalau belum makan ini itu” hahaha
Ini nih salah beberapanya makanan yang udah aku cobain. Mungkin untuk beberapa makanan lupa aku ambil fotonya seperti Pisang Epe, Coto Makassar, dan Es Pisang Ijo. Silahkan menikmati.

IMG_3789Yang pertama ini Mie Titi, siapa sih yang gak kenal dengan makanan yang satu ini. Wajib coba deh kalau lagi di Makassar. Sensasi makan mie yang kriuk kriuk yang disiram dengan kaldu ayam yang kental. Yummy!
IMG_3762kalau yang ini adalah Coto Kuda. Karena di Sulawesi Selatan banyak kuda, maka banyak banget makanan olahan dengan bahan dasar daging kuda. Salah satunya ini. Rasa kuahnya enak, entah rasa apa yang ada tapi menurutku ada rasa kacangnya. Biasanya coto kuda ini dimakan dengan buras atau ketupat. Wajib coba!

IMG_3780IMG_3782Nah yang ini namanya Lemang Ketan, biasanya ada ketan hitam dan ketan putih. Rasanya oke punya, bisa didpat di perjalanan menuju Tanjung Bira dari Makassar. Ketan-ketan ini akan di bakar dahulu di dalam bambu yang sebelumnya di lapisi dengan daun pisang untuk menambah cita rasa yang mantap.

IMG_3336Yang terkahir ini adalah Pa’piong Ikan Mas. Awalnya agak aneh waktu pertama kali melihat makanan khas Tana Toraja ini. Tapi saat dimakan ternyata tidak mengecewakan, makanan yang menggunakan bahan dasar ikan mas dan daun yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan bulunangko ini sangat lezat jika dimakan dengan nasi panas.  Hati-hati dengan duri ikan mas nya, daunnya agak sedikit pahit serta banyak juga telur ikannya yang lezat.

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s