Pentingnya Mencari Informasi Sebelum Backpacking

Sebelumnya kita garis bawahi ya atau kalau perlu ditebalkan dan dimiringkan kalau ini mengenai dunia backpacker bukan yang lain. Dimana kita dituntut secara mandiri untuk melakukan sebuah perjalanan dengan cara dan biaya semurah mungkin.

Kadang suka sebel sama teman jalan yang asal ikut jalan aja tanpa usaha maksimal untuk mencari informasi how to get there? What is interesting there? The custom in some areas we will visit, do’s dan don’ts yang harus harus kita tahu dari sebuah negara atau tempat yang akan kita kunjungi. Ini sangat penting buat kita sebagai pedoman untuk melakukan perjalanan. Intinya adalah untuk menuntun kita didaerah tujuan dan sekali lagi kita berada di daerah yang bukan dari daerah asal kita, maka sudah sepatutnya kita bisa berperilaku sopan dan baik serta dapat mematuhi semua peraturan dan kebiasaan yang ada di suatu tempat yang akan kita tuju. Karena aku yakin setiap daerah memliki sebuah kebiasaan yang berbeda-beda pula. Nah disilah perlunya kita mencari informasi mengenai daerah yang akan kita tuju. Masih enak kita hidup dijaman modern yang sangat mudah mendapatan informasi sekarang ini. Jangan pernah menjadi manja yang mau mudah saja mendapatkan informasi. Santai-santai saja tanpa usaha dan tinggal terima beres saja.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam mencari informasi untuk merencanakan perjalanan? Simak tulisan dibawah ini, semoga bermanfaat.

1. Bagaimana mencapai ke daerah tujuan

Ini yang sangat penting, bagaimana cara kita mencapai tempat tujuan? Karena bakal banyak cara untuk mencapai daerah yang kita tuju atau bahkan ada bebrapa cara alternatif untuk mencapainya. Selain itu juga akan ada beberapa pilihan menggunakan moda transportasi seperti pesawat terbang, kapal, bus, kereta, angkot, bahkan bisa juga kendaraan-kendaraan tradisional seperti andong, becak dan memungkinkan juga untuk beberapa kombinasinya. Coba cari tahu juga bagaimana biaya yang dikeluarkan untuk setiap penggunakan moda transportasi tersebut. Perhitungkan juga dengan waktu tempuh dan ke-urgent-an tempat yang akan kita tuju.

Banyak informasi yang akan kita dapat dari beberapa mesin pencari online seperti google atau yang lainnya. Bahkan sekarang ini bayak terdapat artikel-artikel online tentang sebuah perjalanan, kita bisa mencari informasi disana. Nah kalau mentok tidak menemukan informasi yang kita cari, bisa juga bertanya kepada grup-grup dengan minat yang sama dalam traveling atau backpacking yang sekarang ini banyak ada di Indonesia. Kita bisa masuk dalam komunitas tersebut dan bertanya dengan bahasa yang baik dan sopan. Tapi kalau tidak ada juga yang tahu, maka tetap semangat karena kita akan menjadi orang pertama yang akan berbagi bagaimana caranya kesana. Kita akan nekat ke daerah tersebut dan dengan mengandalkan keberanian maka kita akan banyak mencari tahu dari masyarakat lokal.

Selain itu juga sekarang kita didukung dengan banyaknya penyedia moda transportasi dengan sistem booking secara online. Jadi kita tidak perlu repot-repot harus pergi ke kantor penjualannya. Dan kita juga banyak dipermudah dengan banyaknya maskapai budget atau maskapai dengan berbiaya murah. Sehingga efesiensi waktu dapat kita dapatkan saat melakukan perjalanan.

2. Tempat yang bisa di kunjungi

Tujuan utama kesebuah daerah tujuan perjalanan adalah menikmati wisatanya, baik wisata budaya, religi, alam, bangunan, sejarah, maupun yang lainnya sesuai dengan ketertarikan masing-masing. Nah ini yang perlu kita cari tahu. Ada apa sajakah di tempat yang akan kita kunjungi, karena pada dasarnya setiap daerah memiliki destinasi wisata masing-masing yang unik dan kadang tidak dimiliki oleh daerah lain. Dan jangan lupa juga untuk mencari tahu bagaimana cara mencapai daerah wisata yang akan dituju.

Jika kita akan melihat suatu pertunjukan atau festival kita perlu mencari tahu kapan acara tersebut akan dilaksanakan. Banyak wisata-wisata budaya yang pelaksanaannya tidak setiap hari atau setiap bulan. Kadang bahkan bisa 5 tahun sekali atau secara insidental seperti upacara Ngaben di Bali yang pelaksanaannya tidak tentu menyesuaikan dengan kemampuan sebuah keluarga untuk melakukan prosesi Ngaben yang sangat mahal. Selain itu, setiap pertunjukkan belum tentu dilaksanakan pada tanggal dan bulan yang sama setiap tahunnya.

Sekali lagi dengan mengandalkan teknologi yang sudah sangat maju ini kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai tempat-tempat wisata yang akan kita kujungi, setidaknya kita dapat mencari informasi singkat tentang apa yang dapat kita lakukan di sebuah tempat wisata dan hal apa yang tidak boleh dilakukan di tempat tersebut.

GoogleSumber: http://www.ninahale.com/wp-content/uploads/2013/08/Google.jpg

3. Adat istiadat atau kebiasaan

Ini sangat penting dan super penting gak boleh dilewatkan untuk dicari tahu. Yupz! Kita sebagai orang pendatang atau turis harus tau adat istiadat atau kebiasaan yang ada disuatu tempat yang akan kita kunjungi. Kita harus paham dan mau tidak mau harus dapat menerapkannya pada diri kita sendiri.

Contohnya adalah kebiasaan orang Singapore saat berjalan di tangga berjalan. Dimana pada bagian kiri diperuntukkan bagi orang-orang yang berjalan santai/berhenti sedangkan di sebelah kanan adalah untuk orang-orang yang berjalan cepat tanpa berhenti. Selain itu juga tata cara masuk kedalam MRT. Bahkan kadang kebiasaan mengantri juga menjadi hal yang sangat penting bagi kita sebagian orang Indonesia. Hahaha

Pada intinya kita juga harus bisa menghormati kebiasaan yang ada meskipun kadang kebiasaan itu sangat-sangat kuno menurut kita atau bahkan malah membuat kita tidak merasa nyaman. Tapi tidak ada salahnya untuk ikut kebiasaan-kebiasaan yang ada di suatu daerah, dan kalau memang itu baik kenapa tidak kita bawa kebiasaan tersebut ke Indonesia atau ke daerah asal kita. Dengan menghormati adat istiadat yang ada kita juga bakal cepat bisa diterima dalam sebuah masyarakat tersebut.

4. Akomodasi

Akomodasi disini meliputi penginapan dan transport lokal serta kebuutuhan perut. Nah ini yang menjadi slah satu hal penting. Banyak kok sekarang ini hotel budget atau sering disebut dengan hostel. Karena gak bakal mungkin kan kita harus tidur diemperan? Hahaha bisa tidur di emperan tapi sekali lagi cari tahu adat istiadat dan aturan dari sebuah daerah yang akan kita tuju apakah bisa kita seenaknya tidur dipinggir toko, pom bensin atau ditempat lain.

Saat kita akan melakukan perjalanan kita juga perlu menentukan penginapan ini termasuk dengan harga, dekat tidaknya dengan pusat keramaian, dekat atau tidaknya dicapai dengan kendaraan umum, dekat tidaknya dengan tempat makan atau tempat wisata, dan lain sebagainya. Mesin-mesin pencari penginapan-penginapan murah juga sudah tersedia, ada hostelbooker.com ; hostelworld.com ; booking.com ; agoda.com dan lain sebagainya. Jangan lupa juga membaca bagaimana review dari pengunjung yang sudah pernah mengina di hostel-hostel tersebut. Jangan asal murah saja tetapi pelayanan tidak oke.

Kalau masalah makan memang kita harus jeli, apalagi bagi kita yang tidak bisa sembarangan makan.Misal pagi seorang muslim, maka harus jeli mana makan halal dan mana yang bukan. Biasanya kalo masih didalam negeri masih mudah di temui. Tapi tidak dengan di luar negeri yang mayoritas masyarakatnya bergama non muslim, maka sebelum melakukan perjalanan kita harus banyak mencari refernesi tempat-tempat makan mana saja yang memiliki sertifikat halal atau bagaimana tanda-tanda kalau makanan tersebut halal dengan melihat sang penjual adalah seorang muslim juga atau lain sebagainya. Atau bisa tanyakan kepada beberapa teman yang sudah pernah melakukan perjalanan ke daerah yang akan kita tuju.

Untuk transport lokal juga harus dicari tau, apa saja transportasi lokal yang dapat digunakan dan berapa biaya yang dikeluarkan untuk mencapai daerah yang kita inginkan. Jangan sampai kita kena tipu saat menaiki kendaraan umum disuatu daerah dimana kita tidak tahu aturan umum yang ada. Hal yang sering terjadi adalah sang sopir atau kondektur menaikkan biaya hingga dua kali lipat atau menaikkan seenak hati karena dia tahu kita adalah turis. Maka jangan segan-segan untuk bertanya terlebih dahulu kepada warga lokal berapa biaya yang harus dikeluarkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Sehingga kita dapat terhindar dari penipuan.

5. Biaya hidup

Ini jadi hal yang kudu dicari tau, setidaknya adalah untuk mempersiapkan berapa uang yang harus dibawa saat kita melakukan  perjalanan. Biasanya standar hidup di setiap daerah berbeda-beda. Mulai dari penginapan, biaya makan, transportasi lokal dan lain sebagainya. Maka dari itu kita harus tau berapa biaya yang harus dikeluarkan setiap hari. Sehingga kita memiliki biaya total pengeluaran selama perjalanan, ini bertujuan untuk menghindari defisit saat perjalanan. Dan jangan lupa juga untuk memeberikan biaya tambahan dari total tersebut untuk biaya-biaya tak terduga. Apalagi kita sebagai pejalan dengan biaya murah harus bisa merencanakan pengeluaran yang seirit mungkin dan dapat meng-cover seluruhnya.

6. Lain-lain

Lain-lain disini mungkin adalah aturan-aturan yang harus kita tau saat diperjalanan. Suatu misal aturan di hostel yang mewajibkan kita tidak boleh berisik di jam-jam tertentu atau yang paling biasa terjadi adalah colokan atau plug yang berbeda dari plug yang kita pakai di Indonesia. Kita harus tau bagaimana bentuk plug di negara-negara yang akan kita kunjungi. Pakah menggunakan lubang tiga atau lubang dua. Itu sangat penting karena saat gadget yang kita pakai sudah habis baterainya, kita tidak bingung lagi untuk mengisi ulang. Selain itu mungkin ada beberapa informasi penting yang memang harus kita ketahui dari setiap daerah yang kita kunjungi.

Pada intinya jangan pernah malas untuk mencari informasi sebelum melakukan perjalanan. Cari informasi-informasi penting yang kita perlukan sebanyak mungkin. Kalau perlu dicatat di buku perjalanan yang kita bawa. Dan terkadang informasi yang ada di internet belum cukup kuat, maka dari itu jangan pernah takut untuk bertanya kepada masyarakat lokal untuk memastikannya. Dengan banyak informasi kita dapat menambah wawasan dan siap untuk melakukan perjalanan yang baik! Sudah siap merencanakan perjalanan teman? Let’s Backpack!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s