Nasi Biryani, Indian Traditional Food

IMG01646-20130221-1356

Nasi Biryani (Biryani Rice)

Nasi biryani, mungkin bagi beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini. Ini adalah salah satu masakan khas India. Secara fisik pas dilihat pertama kali mirip kayak nasi goreng, tapi ternyata beda. Tekstur nasinya (entah ini terbuat dari beras atau tidak, masih jadi tanda tanya besar) sih mirip beras, tapi panjang-panjang, entah apa itu disebutnya. Menu nasi ini di masak dengan rempah-rempah yang banyak, gak tau apa aja rempah-rempahnya yang jelas aku melihat ada cengkih saat itu. Satu porsi nasi biryani itu banyak banget (versi orang yang gak doyan makan) jadi bisa di makan buat berdua. Karena gak tau, jadi waktu itu makan satu porsi dan alhasil gak habis itu nasi sangking banyaknya itu nasi. Oh ya, nasi ini disediakan dengan beberapa pilihan lauk. Ada daging ayam, daging kambing dan ikan yang sangat-sangat besar dan enak karena di masak dengan bumbu-bumbu yang kaya akan rempah-rempah juga. Silahkan pilih sesuai keinginan dan kemauan, waktu itu aku pesen lauk ikan yang super merah dan aku pikir itu bakal pedes sepedes-pedesnya. Mampus! Mana aku gak doyan pedes, bisa mencret-mencret deh. Dan setelah dimakan, kurang ajar ini makanan sangat menipu! Gak ada pedes-pedesnya sama sekali. Hahaha Walaupun aku gak suka sama pedes tapi merasa dan memang sambal dan masakan di Indonesia kalo udah merah itu pasti pedesnya bikin mampus. Gak ada yang bisa ngalahin deh sama kepedasan masakan di Indonesia! Hidup pedas! Selain itu juga ada acar timun khas India serta semangkuk kecil kuah kari. kayaknya dimana-mana masakan India gak jauh-jauh dari kari.

Saat kedua kalinya aku mengunjungi tempat makan India di Singapore dan memesan nasi biryani lagi bersama teman-teman, mereka bilang nasinya aneh dan semua gak doyan sama ini masakan. Padahal itu makanan enak loh. Mungkin karena aku suka wisata kuliner dan bisa menerima makanan apa saja, jadi ini makanan termasuk enak. Hahaha Seneng aja mencicipi masakan khas yang memang di Indonesia gak ada.

Aku beli paket nasi biryani ini seharga 4 SGD di Tekka Market Little India, Singapore. Paling enak sih di temani sama teh tarik dingin. Tempatnya kayak foodcourt di Indonesia, jadi ada beberapa stand penjual makanan dan tersedia juga meja-meja makan di depannya. Tempat ini sangat strategis, karena dekat dengan stasiun MRT Little India. jadi setealh turun dari MRT cari exit ke arah Tekka Market setelah keluar dari tangga berjalan bisa ambil ke kiri mengikuti lorong-lorong yang berisi toko-toko setelah di ujung lorong ambil kiri naik ke tangga dan sampailah. Silahkan pilih makanan di jejeran foodcourt sebelah kiri untuk masakan Asia yang halal. Terdapat juga masakan Indonesia.


4 thoughts on “Nasi Biryani, Indian Traditional Food

  1. Baru tau kalo namanya Biryani, bukan Briyani haha. Btw emang nasi biryani paling juara kalo soal porsi. Dihidanginnya aja di atas nampan. Well, literally nampan ya, bukan di piring yang kemudian dialasin nampan. Banyak banget, sampe megap-megap makannya haha

    1. Hahaha aku juga baru tau kalo namanya biryani, dulu juga ngiranya briyani. Sebenernya sih banyak penyebutan namanya. kayaknya masih belum ngalahin nasi tumpeng yang pake tampah ya? hahaha BTW makasih udah mampir.. Hehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s