IMG_3997

Makam Belanda Peneleh, Surabaya

Mungkin bagi beberapa orang mendengar nama makam ini adalah sesuatu yang baru. Karena memang tempat yang agak susah dijangkau dan mungkin tidak semua orang suka dengan wisata makam seperti ini. Makam Belanda Peneleh ini berada di Jalan Makam Peneleh, Surabaya. Letak makam ini berada di belakang Puskesmas Peneleh. Kalau jalan dari Tugu Pahlawan sekitar 10-15 menit menuju ke Jalan Kramat Gantung lurus saja sampai menemukan jembatan. Selama perjalanan melalui Jalan Kramat Gantung ini kita juga di suguhi dengan beberapa bangunan masa lampau yang sudah beralih fungsi menjadi pertokoan. Setelah menemukan jembatan kemudian menyebrang ke jalan Peneleh, kemudian belok ke kiri terus berjalan kurang lebih 300 meter akan menemukan pertigaan ke kanan. Jalan lagi menyusuri Jalan Makam Peneleh sejauh kurang lebih 1 km. Nah nanti akan terlihat Puskesmas Peneleh.

Kondisi makam ini memang kurang terawat dan memang sudah tidak difungsikan lagi, saat memasuki kawasan makam ini kita terlebih dahulu memberikan beberapa uang untuk penjaga makam tersebut sebagai tarif masuk. Tidak ada tarif khusus sih,  jadi sukarela aja kasihnya. Kemarin aku kasih uang Rp 4000,- dengan masih mohon-mohon karena sang penjaga masih minta lebih sementara isi dompet sudah tak tersisa lagi. Hahaha (sebenernya masih ada uang 50 ribuan, tapi gak rela untuk dikeluarin).

Entah kapan makam ini didirikan. yang jelas sejak makam ini tidak digunakan lagi dari yang terlihat nampaknya semua jasad di makam-makam ini sudah diangkat entah oleh keluarganya atau bagaimana. Terlihat makam-makam yang sudah berlubang dan memang banyak makam yang sudah tidak utuh lagi.

IMG_3991IMG_3979

 

Beberappa Makam Terbuat dari Besi

IMG_3997IMG_3984

 

Makam Berbentuk Pelengkung

IMG_4024

Sebelum masuk ke Komplek Makam Belanda Peneleh, karena laper maka aku mencari-cari tempat makan disekitar makam tersebut. Ternyata dikompleks jalan Peneleh mayoritas adalah penganut Hindu Bali. Maka banyak makanan yang berbahan dasar babi. Teruslah aku mencari tempat makan atau warung yang sekiranya halal. Namun setelah beberapa lama tidak menemukan warung, tiba-tiba aku melihat ada ibu-ibu berkerudung dengan gerobaknya dan terlihat sedang meracik makanan yang sedang di pesan oleh orang. Iseng aja tanya sedia makanan apa aja, eh ternyata ada Rujak Gobed dan es dawet serta Tahu mie yang lezat makanan khas dari Madura.

Bahan dasar Rujak Gobed adalah serutan dari mentimun, mangga muda, bengkoang, dll yang dijadikan satu serta sedikit sambal yang mantap pedesnya. Sedangkan Tahu Mie terbuat dari sambal petis, irisan tahu, tauge dan mie diatasnya. Mantaapppp… Super lezaattt…

IMG_3923

Rujak Gobed

IMG_3930

Mie Tahu

IMG_3946

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s